Logo

Tips Perawatan Kawat Harmonika

Kawat harmonika adalah kawat yang dianyam menggunakan mesin canggih dengan teknik lilitan tertentu sehingga membentuk lubang seperti belah ketupat. Pada umumnya kawat harmonika digunakan sebagai pagar pelindung di area lapangan, baik itu lapangan tenis, lapangan basket, lapangan sekolah, dll. Terdapat 3 macam kawat harmonika yaitu kawat harmonika PVC yang dilapisi UPVC pada bagian luarnya, kedua kawat harmonika hot dip galvanis yang mampu bertahan hingga 10 tahun, dan kawat harmonika biasa. Yang paling baik dalam menghalau korosi adalah kawat harmonika UPVC. Semakin baik ketahanannya terhadap korosi, amak harganyapun juga lebih mahal di bandingkan jenis kawat harmonika yang lain. Tetapi bila dibandingkan dengan jenis pagar lainnya, tentu saja kawat harmonika ini lebih ekonomis, apalagi lebarnya dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Berikut adalah contoh penggunaan kawat harmonika:

  1. Digunakan untuk pagar pada area lapangan
  2. Digunakan untuk pagar taman
  3. Digunakan untuk pagar sekolah
  4. Digunakan untuk pagar hunian pribadi
  5. Digunakan untuk pagar pada area pabrik atau industri

Jadi pada umumnya kawat harmonika ini digunakan sebagai pagar dengan tambahan tiang. Karena harganya yang lebih murah dibandingkan jenis pagar lain, kawat harmonika ini menjadi opsi bagi anda yang memiliki budget yang pas dan ingin pengerjaannya cepat terselesaikan.

 
Kelebihan kawat harmonika:

  1. Aman dan fleksibel, kawat harmonika ini bisa dibentuk dengan mudah untuk menyesuaikan area yang nantinya akan dipasangi kawat harmonika.
  2. Ekonomis, dibandingkan dengan pagar jenis lainnya seperti pagar BRC, pagar batu bata, pagar kayu, dst, pagar yang terbuat dari kawat harmonika ini lebih ekonomis.
  3. Pemasangannya mudah, pemasangan kawat harmonika ini cukup mudah dan tidak membutuhkan alat khusus
  4. Kuat, Kawat harmonika ini kuat, mampu menahan pengganggu yang ingin masuk ke area yang dikelilinginaya
  5. Panjang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan

Sebenarnya perawatan kawat harmonika ini sangat mudah, perawatan pagar kawat harmonika ini juga bisa diterapkan pada pagar lain yang sama - sama terbuat dari bahan logam.

 

Tips merawat kawat harmonika:

  1. Kawat harmonika hot dip dan kawat harmonika biasa membutuhkan pengecatan ulang agar ketahanan terhadap korosinya meningkat
  2. Melindungi permukaan kawat harmonika dengan minyak khusus, misalnya oli. Pemberian minyak ini bertujuan agar permukaan kawat hamonika tidak berkarat. Lakukan pelapisan secara rutin, misal sebulan sekali. Minyak ini banyyak dijual di toko bahan bangunan
  3. Jika pada bagian tertentu dari kawat harmonika mulai menunjukkan tanda korosi, segera ganti bagian tersebut, karena bila tidak diganti karat akan dengan mudah cepat menyebar ke permukaan sekitarnya. Atau solusi terbaik adalah dengan membeli kawat harmonika yang dilapisi UPVC.

Bila anda membutuhkan kawat harmonika berkualitas dengan harga terjangkau, silahkan meghubungi PT. Karya Utama Steel. Sejak tahun 2012, kami terpercaya dalam melayani pembelian kawat harmonika dalam jumlah kecil maupun besar. Anda bisa langsung melihat sampel kawat harmonika kami agar menjadi lebih yakin. Kami siap membantu pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia.

Berikut adalah Spesifikasi kawat harmonika yang kami jual:

  • Tinggi atau Lebar : minimal 50cm
  • Panjang : maksimal 30m
  • Lapisan : Kawat UPVC, kawat hot deep galvanis, kawat biasa
Untuk Informasi Lebih Lanjut, Segera Hubungi Kami..!!
081-357-605-040
karyautama.steel@gmail.com

Sekian untuk artikel kali ini,kita sudah membahasa tentang pengertian kawat harmonika, macam kawat harmonika , tips cara merawat kawat harmonika, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Social Media

Ikut kami di social media