Logo

Tips Memilih Wiremesh yang Baik

Tips Memilih Wiremesh yang Baik

Untuk bangunan bertingkat, beban bangunan pasti lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan yang hanya satu lantai. Oleh karena itu struktur bangunan harus diperhitungkan dengan baik sebelum dilakukan proses pembangunan. Salah satu komponen struktur bangunan yang membantu bangunan tetap berdiri dengan kokoh adalah penggunaan wiremesh.
Wiremesh adalah tulangan baja yang disusun membentuk jaring-jaring yang saling berpotongan dan membentuk lubang atau mesh dengan ukuran teratur. Wiremesh biasanya digunakan sebagai penguat dalam pengecoran lantai. Perpotongan pada wiremesh disambung dengan cara pengelasan agar terikat dengan kuat dan sempurna.
Wiremesh ada yang terbuat dari besi polos dan besi  ulir. Biasanya wiremesh dijual dalam bentuk lembaran (2,1 m x 5,4 m) dan roll (2,1m x 54m). Ukuran diameter wiremesh tersedia M4 sampai dengan M12. Ukuran diameter ini menjadi patokan ketika akan membeli wiremesh, semakin besar beban yang akan diterima wiremesh maka diameter harus semakin tinggi.

Penggunaan wiremesh
Dalam dunia konstruksi bangunan banyak sekali kegunaan wiremesh, tetapi secara garis besar wiremesh berfungsi sebagai tulangan penguat. Berikut rincian penggunaan wiremesh:
  1. Dipakai untuk memperkuat lantai, biasanya wiremesh digunakan untuk lantai pada bangunan bertingkat, umumnya untuk lantai pada bangunan bertingat menggunakan wiremesh M8 dampai M10, tetapi untuk bangunan rumah biasa santu lantai, cuku menggunakan wiremesh ukuran M4 sampai M5.
  2. Untuk penguat anak tangga
  3. Dipasang pada dinding beton
  4. Digunakan untuk penguat jalan raya. Umumnya menggunakan wiremesh ukuran M8 karena berat kendaraan lebih besar
  5. Untuk penguat lantai landasan pesawat, karena beban pesawat sangat besar jadi biasanya digunakan wiremesh ukuran M12
  6. Wiremesh yang terbuat besi polos dan bergalvanis bisa digunakan sebagai pagar jalan atau pagar tanaman
  7. Pembuatan Kolom atau Bak, dan lain-lain.
Tips membeli wiremesh
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anda mendapatkan wiremesh yang sesuai kebutuhan anda, berikut adalah tip sebelum membeli wiremesh:
  1. Pastikan memilih wiremesh yang tidak ada karatnya, karena dapat mengurangi kekuatan wiremesh tersebut. Pada umumnya wiremesh tidak dilapisi galvanis jadi dalam bentuk besi hitaman, bila penyimpanan kurang baik wiremesh dapat dengan cepat berkarat.
  2. Tentukan diameter wiremesh, dengan memeprkirakan beban yang akan diterima. Biasanya hal ini tergantung tempat dimana wiremesh tersebut akan digunakan. Misalnya untuk lantai bangunan yang tidak bertingkat anda bisa menggunakan wiremesh diameter M4 sampai M5. Hal ini berbeda dengan wiremesh yang digunakan untuk lantai area pabrik, sebab biasanaya pabrik dilewati kendaraan besar, jadi diameternya juga harus lebih besar.
  3. Pilih wiremesh yang diproses secara pabrikasi, karena hasilnya akan lebih rapi dan kekuatannya lebih bagus dibandingkan dengan wiremesh yang dilas secar manual.
  4. Yang terakhir adalah cari penjual yang terpercaya, karena selisih diameter hampir tidak ada bedanya, bisa saja penjual nakan mencuri spek. Mereka menjual wiremesh M8, padahal fisiknya dalah wiremesh M7.
Dengana adanya artikel ini, kami harap anda dapat menemukan wiremesh paling tepat untuk bangunan anda. Bila anda bingung mencari penjual wiremesh terpercaya, anda dapat menghubungi PT. Karya Utama Steel. Kami sudah terpercaya sejak 2012 melayani pembelian wiremesh. Kami menjual wiremesh ukuran M4 sampai M12, jual dalam bentuk lembaran (2,1 x 5,4m) dan roll (2,1 x 54m). Sebelum anda membeli, anda dapat datang ke kantor kami untuk survei langsung dan melihat wiremesh kami dan tanya-tanya informasi seputar wiremesh. Atau anda bisa bertanya dengan menghubungi nomor kami di  081-357-605-040.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Segera Hubungi Kami..!!
081-357-605-040
karyautama.steel@gmail.com
 

Social Media

Ikut kami di social media