Logo

Tips Membeli Kolom Praktis

Tips Membeli Kolom Praktis

 

Coba perhatikan bangunan gedung-gedung pencakar langit yang ada diperkotaan. Dengan banyaknya lantai bangunan tentu beban bangunan semakin tinggi, sebelum pembangunan dilakukan, harus ada perhitungan terlebih dahulu mulai dari analisis sruktur sehingga diketahui berapa kapasitas penampangnya dan tulangan yang dibutuhkan. Beban yang mempengaruhi gedung antara lain yaitu beban mati (dead load), beban hidup (live load), beban gempa (earthquake), dan beban angin (wind load). Bila ada kesalahan perhitungan awal, akan sangat fatal bisa mengakibatkan keseluruhan gedung runtuh. Salah satu komponen dalam struktur bangunan adalah kolom praktis.

Kolom praktis adalah lonjoran besi memanjang yang dirangakai dan diikat dengan tulang sengkang yang dipasang dalam dinding dan berfungi untuk menahan beban bangunan. Kolompraktis ini berfungsi untuk memperkuat dinding agar tetap berdiri tegak ketika terkena gaya dorong maupun gempa bumi. Kolom praktis ini diibaratkan seperti tulang pada tubuh manusia yang menopang tubuh hingga dapat berdiri tegak.

Banyak sekali kolom praktis yang beredar dipasaran mulai dari harga murah sampai yang mahal. Bila anda menemukan kolom praktis dengan harga murah diluar batas kewajaran, sebaiknya anda berhati-hati dan pastikan kualitas kolom praktis tersebut, karena salah-salah anda bisa mengeluarkan uang lebih banyak lagi karena kolom praktis yang anda beli tidak bisa digunakan.

Tips memilih kolom praktis

Berikut adalah tip untuk membeli kolom praktis:

  1. Perhatikan diameter kolom praktis

Kolom praktis memiliki beberapa diameter, ada yang 12mm ada yang 10 mm, dst. Secara kasat mata perbedaan tersebut tidak terlihat, tetapi hal tersebut mempengaruhi kekuatan kolom praktis. Maka sebelum membeli tentukan dahulu kebutuhan diameter anda. Kemudian saat survei barang, usahakan anda mengukur sendiri misalnya dengan menggunakan jangka sorong. Hal ini untuk menghindari penjual nakal yang berbohong tentang spesifikasi.

  1. Perhatikan jarak gelang atau tulang sengkang

Bila bangunan anda membutuhkan gelang berjarak 15 cm, anda harus membeli kolom praktis dengan jarak gelang 15 cm kalau tidak ada pilih jarak gelang dibawah 15 cm. Karena kerapatan gelang ini juga berpengaruh pada kekuatan kolom praktis.

  1. Perhatikan sambungan antara gelang dengan tulangan utama

Tes dengan cara menggerakkan atau menggeser gelangan. Bila bergeser maka sambungan tersebut tidak sempurna

  1. Perhatikan kawat penyambungnya atau las sambungannya

Pastikan kawat pengikatnya tidak berkarat. Bila disambung dengan pengelasan, perhatikan juga apakah tempat yang dilas tersebut bersih dari karat

  1. Perhatikan lonjoran tulang utama

Biasanya ada penjual yang membuat tulangan utama tidak dari 1 lonjor besi utuh melainkan dari dua besi yang disambung

  1. Bandingkan harga

Setelah langkah 1 sampai 5 dilakukan, anda tinggal membandingkan harga dari 1 penjual ke penjual yang lain

 

Tempat membeli kolom praktis

Bila anda bingung mencari penjual kolom praktis yang tepat, anda bis datang ke PT. PT Karya Utama Steel yang beralamat di Perum Griya Candramas, Blok FA2, Sedati, Sidoarjo. Atau menghubungi nomor 081-357-605-040. PT. Karya Utama Steel menjual Kolom Praktis dengan panjang 3m, diameter tulang utama 6mm, diameter tulang sengkang 4mm, ukuran 80x80 atau 60x70mm, spasi tulang sengkang 15cm. Sebelum membeli anda bisa berbincang dulu dengan sales kami, kami dengan senag hati memberikan informasi tentang produk yang anda butuhkan, sekalian juga anda bisa melihat secara langsung dan mengukur kolom praktis kami.

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Silahkan Hubungi Kami...!!
081-357-605-040
karyautama.steel@gmail.com

 

Social Media

Ikut kami di social media